You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Sumberagung
Desa Sumberagung

Kec. Jatirejo, Kab. Mojokerto, Provinsi Jawa Timur

Sejarah Desa

Administrator 26 Agustus 2016 Dibaca 2.791 Kali
Sejarah Desa

Sejarah Desa sumberagung berawal dari Mbah Abdur Rohman atau yang dikenal dengan sebutan Mbah Genyong. Beliau adalah orang yang mbabad Desa Sumberagung. Tidak ada keterangan jelas menngenai asal muasal nama Desa Sumberagung. Selanjutnya Desa Sumberagung dipimpin oleh MBAH SADIYEK. Beliau ditunjuk oleh masyarakat secara langsung, dan beliau hanya memimpin selama kurang lebih 6 bulan.

Dan pada Tahun 1940 -1970 yang menjabat sebagai kepala desa Sumberagung yakni Bapak MARDIHARDJO yang kemudian dikenal dengan nama Bapak H. SODIQ. Beliau memimpin selama kurang lebih 30 Tahun. Beliau juga dikenal dengan sebutan MBAH BUNGKUK.

 

Selanjutnya pada Tahun 1970 Desa Sumberagung mengadakan pemilihan Kepala Desa, dan  yang terpilih menjadi Kepala Desa adalah Bapak H. AMIN LESTARI. Beliau memimpin desa selama kurang lebih 20 Tahun ( Tahun 1970-1990).

Kemudian pada tahun 1991 Desa Sumberagung mengadakan pemilihan Kepala Desa kembali dan yang terpilih menjadi Kepala Desa adalah  Bapak H. ASMURI SODIQ yang merupakan anak dari Bapak H. SODIQ ( mantan lurah sebelumnya). Masa kepemimpinan beliau berlangsung selama Tahun 1991-1998.

Selanjutnya ditahun 1999 terjadi kekosongan kepemimpinan yang kemudian diisi oleh Bapak GISAN yang menjabat sebagai PJ KADES. Beliau menjabat sebagai PJ KADES selama 3 Tahun yakni Tahun 1999-2002.

Tahun 2002 diadakan pemilihan Kepala desa kembali dan ditetapkan Bapak SUTRISNO sebagai Kepala Desa. Dari 6 tahun masa jabatannya beliau hanya menjabat selama 5 Tahun  dan di  1 tahun sisa masa jabatannya, kembali Bapak GISAN ditunjuk menjadi PJ KADES.

Di tahun 2007 Pemilihan Kepala Desa Kembali diadakan, dan Ibu SURATI terpilih sebagai Kepala Desa Sumberagung. Beliau menjabat selama 6 tahun yakni Tahun 2007-2013.

Pada pemilihan Kepala Desa Tahun 2013 Dimenangkan oleh Bapak BAHRUDIN. Masa jabatan beliau dimulai pada tahun 2013 dan berakhir ditahun 2019.

Pada tahun 2019 diadakan Pemilihan Kepala Desa dengan diikuti oleh 2 orang Calon Kepala Desa yakni Bapak BAHRUDIN dan putranya sendiri BURHANUDIN MUZZAKI hal ini dikarenakan tidak ada orang lain yang mendaftar, akhirnya pak BAHRUDIN menunjuk anaknya untuk mendaftar. Dan tentu saja hasil pemilihan Kepala Desa jatuh kembali kepada Bapak BAHRUDIN. Beliau akan menjabat selama periode Tahun 2020-2025.

Tak lama setelah pelantikan Bapak BAHRUDIN, beliau mengalami kecelakaan yang mengakibatkan kematian. Dan akhirnya pada tahun 2021 Desa mengadakan pemilihan ulang untuk mengisi kekosongan jabatan. Pada pemilihan kali ini yang menjadi calon adalah anak dan istri dari Bapak Bahrudin (alm). Pemilihan berlangsung secara aklamasi dan berhasil dimenangkan oleh saudara BURHANUDIN MUZZAKI. Beliau akan memimpin selama periode tahun 2021-2025.

Demikian selayang pandang atau sejarah singkat Desa Sumberagung yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

 

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image